Meriah Tanpa Dana Pemerintah

Catuspata, Tanggal 30 Maret 2023  kota Singaraja genap berusia 419 tahun. Perjalanan sejarah yang amat sangat panjang telah dilalui oleh kota yang didirikan oleh Anglurah Ki barak Panji Sakti. Kota dengan lambing singa bersayap dalam ulangtahun ini mengangkat tema Kuat Bangkit Bersama. Kuat singktan dari Kerja Unggul Akomodatif dan Tangguh. Filosofi yang terkandung dari tema ini adalah dalam kondisi pasca pandemic, masyarakat Buleleng menurut Pj Bupati Ketut Lihadnyana harus kerja, tangguh akomodatif terhadap perubahan mengarah digitalisasi dan harus bangkit bersama. Kalau bangkit sendirian sih susah juga, ya nggak ya nggak. Angka 419 pada ulangtahun kali ini mungkin punya kekhasan, apaan tuch? Coba dijumlahkan 4+1+9 jumlahnya adalah 14. Satu merupakan simbul pemimpin tunggal, mengingat saat ini Buleleng dipimpin seorang Penjabat tanpa wakil bupati sedangkan 4 simbul dari kursi pemimpin he he he.

Berbagai terobosan telah dilakukan oleh Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana. Enam bulan menjabat  sejak Agustus 2022 belasan penghargaan telah diterima oleh Buleleng.

Untuk mendukung kinerjanya  Pj Bupati yang juga kepala BKPSDM Propinsi Bali  merealisasikan  pembayaran gaji perangkat desa pada awal tahun. Sebelumnya gaji perangkat desa diterima sekitar bulan Maret-April tahun berikutnya. Setelah itu tunjangan kinerja ASN ditingkatkan dan hingga bulan ini telah direalisasikan. Kini pejabat eselon 2 setingkat Kepala Dinas di Kabupaten Buleleng mengantongi gaji dan TPP hingga 24 juta rupiah per bulan, Sungguh lonjakan yang mensejahterakan bagiASN di bumi Panji Sakti.

Nah setelah SDM disejahterakan barulah kemudian Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana membebani pimpinan SKPD dengan target peningkatan Pendapatan Asli Daerah, PAD.

Peningkatanya pun tidak tanggung-tanggung  hingga mencapai  500 miliar rupiah dengan obsei melampaui PAD kota Denpasar wah wah wah. Tentu saja ini memerlukan kerja keras dari semua pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah, SKPD. Perangkat digitalisasi telah dipasang pada sejumlah lokasi yang selama ini masih berpotensi terjadinya kebocoran. Rumah makan, tempat wisata, parkir telah terkoneksi denga system pelaporan digital. Selanjutnya reklame juga tengah ditata. Kedepan tidak akan ada lagi spanduk atau baliho  bertebaran dimana-mana, apalagi pemasangannya melintang yang menggangu ketertiban umum. Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah menggarap videotron pada lima lokasi masing-masing pada kawasan tugu singa ambara raja, pasar Anyar, pasar Banyuasri, simpang jalan Diponegoro dan di pelabuhan tua Buleleng.

Untuk menekan laju inflasi Pemerintah Kabupaten Buleleng kini memanfaatkan lahan tidur milik Pemkab  seluas dua hectar di kawsan kelurahan Banyuasri. Lahan yang sedianya diperuntukkan sebagai stadion kini dimanfaatkan untuk menanam cabai. Lalu kegiatan apa yang akan dilaksanakan serangkaian Hari Ulang Tahun ke-419? Pesta Rakyat, ya pesta rakyat yang akan diselenggarakan di lapangan Bhuwana Patra. Pesta? Kalo pesta gratis dong, Kegiatan akan dilaksanakan selama 3 hari. Kok lumayan lama ya? Menurut Pj bupati Lihadnyana durasi ini untuk memberikan kesempatan kepada UMKM Buleleng berkreasi lebih lama. Lalu bagaimana mekanismenya?Pj bupati asal desa Kekeran Busungbiu ini punya strategi jitu. Lebih dari 40 UMKM akan didanai untuk memajang barang dagangannya. Lalu masyarakat akan dibebaskan untuk menikmati kuliner yang disajikan oleh UMKM bersangkutan. Nah dong de sampai ngaput ngabe mulih he he he…Lho lalu dananya darimana? Ya dari perusahan-perusahaan yang beroperasi di Bumi Panji sakti dong, jangan hanya mencari keuntungan saja di Buleleng, bukankah setiap perusahaan punya  corporate social responsibility disingkat CSR?  Nah inilah prinsip yang dipegang oleh Pj Bupati Buleleng, Ulangtahun meriah tanpa dana dari pemerintah he he he.  Pada saat upacara di tamankota  juga akan diserahkan bantuan sembako bagi pasukan hijau Dinas Lingkungan Hidup dan penyerahan simbolis bonus bagi atlet yang meraih medali pada Poprop Bali XV tahun 2022.

Dirgahayu kotaku Jaya,Jaya Jaya

Tim Pemberitaan Dewata Roundup(Tut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *