Tingkatkan Pemahaman Petani, Kementan Dan DPR Gelar Bimtek

Buleleng, Sinergi Dewan Perwakilan Rakyat bersama Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian Kementrian pertanian RI menggelar bimbingan teknis.

Guna memberikan pemahaman terkait prasarana dan sarana pertanian, Puluhan petani di Kabupaten Buleleng penerima bantuan prasarana dan sarana pertanian mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) di Hotel Puri Saron, Pemaron pada senin 18 Juli 2022.

Para petani penerima bantuan prasarana dan sarana pertanian dari pemerintah, harus bisa memaksimalkan pemanfaatan dari bantuan yang diterimanya. Melalui aspirasi dari anggota Komisi IV DPR RI, Drs. I Made Urip, M.Si dan difasilitasi oleh  anggota DPRD Buleleng dari Komisi I Dewa Gede Sugiharto bersinergi bersama Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian RI menyelenggarakan bimtek tersebut.

Usai membuka bimtek, anggota Komisi IV DPR RI, Drs. I Made Urip, M.Si menegaskan bahwa upayanya dalam meningkatkan kualitas pertanian di Bali dan Buleleng khususnya telah menjadi komitmen serius di dalam Komisi IV DPR RI. Dirinya menambahkan, melalui Bimtek ini dapat menjadi salah satu peluang besar bagi petani untuk mulai lebih memaksimalkan pupuk organik. Dalam kurun waktu jangka panjang, kesuburan tanah petani di Buleleng akan terjamin dibandingkan menggunakan pupuk kimia. “Kita akan berusaha untuk membantu subak dan kelompok demikian juga penggiat-penggiat yang berkaitan dengan sektor pertanian. Kita sudah bantu UPPO (unit pengolahan pupuk organik, sapi betina produktif ada juga jalan usaha tani dan alat-alat tani lainnya,” terang Made Urip.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana sangat mengapresiasi kegiatan bimtek yang memperhatikan sector pertanian. Dirinya berharap para peserta dapat mengembangkan diri dalam bimtek yang di gelar sehingga dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan bimtek yang digelar bli made urip yang turun langsung ke Buleleng, Saya harap bli urip jugamemperhatikan potensi-potensi yang di miliki buleleng seperti sector perkebunan. Para petani juga saya harapkan dapat mengimplemantasikan ilmu yang mereka dapatkan dalam bimtek ini.“Ujarnya.(dnu/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI