Edukasi Orangtua, Spenfour Gelar Seminar Parenting

Sambangan, Guna menambah pemahaman orangtua siswa, SMP N 4 Singaraja, Spenfour menggelar seminar Parenting.

SMP Negeri 4 Singaraja melaksanakan  Seminar Parenting dengan tema “Peran Orangtua Dalam Pendampingan Pendidian Anak, Dampak Negative Media Sosial, Perundingan,  Dan Penanggulangan Kekerasan Seksual Pada Anak” bertempat di Lapangan SMP N 4 Singaraja,Kamis 14 Juli 2022. Sesuai dengan tema seminar,  tujuan dari seminar ini adalah untuk penambah pemahaman orangtua terkait  peran serta dalam pendampingan anak anaknya. Dua narasumber yang memberikan materi yaitu akademisi Prof.Dr. Putu Kerti Nitiasih, M.A., dan Ketua Harian P2TP2A Buleleng Made Riko Wibawa. Turut hadir Kasi Kurikulum SMP, Ketut Suardika.

Ketua Harian P2TP2A Buleleng Made Riko Wibawa mengatakan, salah satu materi yang diberikan adalah banyaknya kasus kekerasan seksual pada anak,¬† untuk itu ia memberikan pemahaman kepada orang tua siswa untuk lebih menjaga anak anaknya agar terhindar dari kekerasan seksual. Selain itu ia sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh SMP N 4 Singaraja. “Jadi materi yang diberikan disini banyak, intinya memberikan pemahaman orangtua terhadap kasus pelecehan seksual yang terjadi pada anak,”ujarnya.

Dalam pemaparannya, akademisi Prof.Dr. Putu Kerti Nitiasih, M.A., mengatakan, SMP N 4 Singaraja harus dijadiian contoh, karena sudah mengadakan seminar seperti ini dilingkup sekolah. Ini akan memberikan dampak yang sangat positif kepada orangtua agar mereka bisa mengetahui dan paham tentang apa peran orangtua dirumah. “Saya harap ini bisa menjadi contoh sekolah lain agar bisa melaksanakan kegiatan seminar seperti ini,”ungkapnya.

Salah seorang orangtua siswa Made Krisna Mahayani merasa sanggat bangga dengan sekolah karena selalu memperhatikan kebutuhan anak didiknya. Jadi dengan seminar ini orangtua menjadi sadar bahwa orangtua harus menjadi contoh yang baik. “Saya sangat bangga atas ide dari sekolah, saya juga terharu mereka selalu memperhatikan anak didiknya, jadi dngan seminar ini kami orangtua menjadi sadar,”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SMP N 4 Singaraja, Putu Budiastana mengungkapkan, kegiatan seminar parenting ini diikuti oleh seluruh orangtua siswa baru kelas 7 yang sudah mengikuti MPLS. Ia berharap, orangtua bisa selaras dan memiliki pandangan yang sama untuk kemajuan pendidikan anak. “Harapan kami adalah orangtua mampu menyelaraskan dan memiliki pandangan yang sama terkait pendidikan anak anaknya dan ini juga memberikan pemahaman kepada orangtua,”tegasnya.(dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *