Anyaman Bambu Sidatapa, Karya Tangan Tradisional Yang Memukau Dunia

Sidatapa, Menjadi salah satu Desa Bali Aga yang dikenal sebagai sentra kerajinan bambu di Buleleng, pengrajin bambu mulai rambah pasar Internasional.

Menyebut kata Desa Sidatapa, terbersit dibenak masyarakat Buleleng sebuah desa yang kental akan adat budaya dan dikenal sebagai pusat kerajinan bambu.

Sebagian besar masyarakatnya bergelut dibidang kerajinan anyaman bambu tradisional seperti keranjang, kukusan, sangkar ayam dan berbagai anyaman lainnya.

Dengan perkembangan pasar serta teknologi, kerajinan tradisional Desa Sidatapa kini mulai di perkenalkan serta merambah pasar Internasional.

Salah seorang pelaku UMKM asal Desa Sidatapa Gede Dendi Saputra mengungkapkan, dirinya mencoba untuk mengkemas kerajinan tradisional dengan model kekinian sehingga bisa diterima di pasar Internasional dan produknya sudah di ekspor hingga ke eropa.

“pasca pandemic ini ya permintaan beberapa barang masih banyak peminatnya dengan desain terbaru dari konsumen, sehingga dipasca pandemic ini terus berinovasi menyesuaikan dengan permintaan pembeli” ungkapnya.

Gede Dendi mengaku dalam proses pengerjaan order dirinya melibatkan para pekerja rumahan yang tentunya memahami terkait model order yang diberikan oleh konsumen sehingga dari sisi pendapatan  bisa lebih meningkat.

“untuk memberdayakan pengrajin khususnya warga lokal kita selalu ingatkan agar terus berinovasi menyesuaikan kebutuhan pasar utamanya produk local agar bisa dijadikan souvenir” pungkasnya

Sementara itu terlepas dari upaya perorangan, Kelompok Sadar Wisata My Darling Desa Sidatapa juga telah memasukkan kerajinan tradisional ini kedalam daftar tour yang disunguhkan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Desa Sidatapa seperti yang diungkapkan Ketua Pokdarwis My Darling Desa Sidatapa Putu Sinarjaya.

“karena sudah menjadi desa wisata kami berusaha untuk menrapkan sapta pesona, terkait dengan destinasi ada rumah adat, pusat kerajinan bambu, pusat pembuatan gula aren dan berbagai destinasi alam lainya”

Semoga dengan mulai bergeliatnya ekonomi pasca pandemic, kerajinan di Desa Sidatapa bisa lebih dikenal dan bersaing dipasar internasional yang tentunya dapat berimbas kepada kesejahteraan ekonomi masyarakat. (305)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *