Pedawa Gelar Lomba Panco

Buleleng, Serangkaian hari ulang tahun desa Pedawa yang diperingati untuk kedua kalinya, Minggu (26/11) digelar lomba Panco atau di bali dikenal dengan istilah mejengke.

Puluhan atlet panco dari seluruh bali berkumpul di arena kantor desa Pedawa kecamatan Banjar untuk memeriahkan peringatan hari ulangtahun desa setempat. Tampak hadir ketua umum KONI Buleleng Ketut Wiratmaja.

Kepala desa Pedawa Putu Mardika yang akrab disapa Putu Ardi menjelaskan panco merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari masyarakat desa pedawa. Apalagi ketua DPD Panco Bali berasal dari desa Pedawa. Diharapkan kejuaraan ini dapat membangkitkan semangat generasi muda untuk berolahraga serta menjauhi pergaulan negatif. Kedepan pihak desa akan memfasilitasi olahraga gulat tangan ini.

” untuk menunjukkan perhatian pemerintah desa terhadap potensi anak muda, kita adakan di pedawa untuk memperkenalkan pedawa sedikit demi sedikit melalui acara seperti ini. kebetulan di pedawa untuk target 2025 pembangunan GOR selesai nanti kita adakan kejuaraan panco bukan Se-Bali lagi tapi tingkat Nasional, ” jelasnya.

Ketua DPD Panco Bali Putu Saras Pradnyana Putra menjelaskan, panco dibagi menjadi katagori ada olahraga rekreasi masyarakat dan olahraga prestasi. Panco bali menurut Saras mulai diperhutungkan untuk katagori prestasi. Pihaknya telah membentuk kepengurusan pada sejumlah kabupaten/kota di Bali.

” olahraga panco berkembang di bali sejak pandemi, kami mulai kumpul bareng mulai membuat meja tempat alat latihan setelah itu kami buat tim. Pengurus Pusat mempercayakan saya menjadi ketua di Bali. anggotanya sekarang mencapai 103 orang, ” katanya.

Sementara itu ketua Umum KONI Buleleng dalam sambutanya mengatakan panco merupakan olahraga gulat tangan yang membutuhkan kekuatan otot lengan atas dan lengan bawah serta dada. Oleh karenanya permainan yang cukup beresiko ini harus dilaksanakan dengan benar sehingga tidak ada resiko yang tidak diinginkan. Wiratmaja mengajak generasi muda Pedawa untuk menggairahkan olehraga sehingga generasi muda tetap sehat dan jauh dari pengaruh narkoba. Sebab melalui olahraga akan terbentuk karakter generasi muda yang tangguh. KONI sebagai wadah olahraga berprestasi akan selalu mendorong atlet agar menggantungkan cita-cita sebagai juara dunia. Sebab sudah ada beberapa cabang olahraga yang bernaung dibawah KONI Buleleng berhasil tampil di level dunia.

Tampil sebagai juara Panco Pedawa Cup dibawah kelas 70 kg atas nama Ketut Budi Astawa disusul  I Wayan basma Wiguna,  dan Leo Yuannanda, pada kelas dibawah 86 kilogram tampil sebagai juaraKadek Ari Budiawan disusul I Gede Agus Gunawan dan Kadek Agung Rama Wijaya. Pada nomor diatas 86 kilogram tampil sebagai jawara  Bregil disusul Ngurah Sudarma dan I kadek Indra Resmana  Putra.(Tut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *