Sempat Tertunda, Pujawali Parahyangan FBS Kembali Digelar

Buleleng, Sempat tertunda karena pandemi covid-19, pujawali di Parahyangan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Undiksha kembali digelar.

Pandemi covid-19 sudah mulai mereda, hal ini membuat aktifitas masyarakat dapat dilakukan kembali dengan kenormalan baru. Salah satu aktifitas masyarakat khususnya umat Hindu, dapat kembali menggelar upacara-upacara agama. Tampak dosen beserta mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Undiksha dengan penuh semangat mempersiapkan Upacara Agama Pujawali Agung di parahyangan FBS Undiksha pada 9 September 2022.

Kepada reporter radio Nuansa Giri fm, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha Prof. Dr. I Made Sutama, M.Pd mengungkapkan, Pujawali Agung di parahyangan FBS seharusnya dilaksanakan pada 2020 lalu, namun karena pandemi covid-19 akhirnya digelar pada tahun ini pada 10 September 2022. “Setiap kawasan lembaga pasti ada parahyangan dan tegak piodalan. Tegak piodalan disini Purnama Ketiga, dan karya agungnya 10 tahun sekali. Semestinya 2020 melaksanakan piodalan, namun terhalang pandemi sehingga tahun ini kembali dilaksanakan.”, Ungkapnya.

Dekan FBS Sutama menambahkan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan seperti mendak tirta di khayangan tiga Desa Adat Buleleng. “Kami membentuk panita dan telah melakukan koordinasi dan nawur tirta di Desa adat Buleleng yakni di Pura Desa, Pura Dalem, Pura Segara dan Pura Agung Jagatnatha.”, Ujarnya.

Lanjut Sutama, hubungan dosen dengan mahasiswa dan alumni sangat erat, terlihat pada pujawali kali ini melibatkan mahasiswa dan alumni untuk ngayah demi kelancaran jalannya upacara. “Untuk mahasiwa kita libatkan di seluruh seksi dan tugas pokok mereka adalh menyiapkan tabuh untuk topeng dan tari rejang dewa. Untuk alumni, Rarekual itu adalah alumni FBS dan dedikasi mereka untuk kampus sangat bagus. Kita mohon adik-adik itu ngaturang ngayah pada piodalan. Ibu-ibu dharma wanita juga ikut berpartisipasi melalui rejang renteng.”, Tutupnya.

Untuk di ketahui, upacara pujawali agung di parahyangan FBS Undiksha dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.(dnu/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *