HUT Spenpraja ke 45, Geliatkan Seni Tradisi Bali Ditengah Modernisasi

Sambangan, Serangkaian memperingati HUT Spenpraja ke 45, Panitia gelar lomba genjek antar kelas.

Sebagai bentuk melestarikan seni budaya tradisi yang belakangan mulai tergerus akibat perkembangan jaman, SMP Negeri 4 Singaraja dalam rangkaian memperingati hari jadinya yang ke 45 menyelenggarakan lomba Genjek antar kelas yang dilaksanakan pada Jumat 2 Pebruari 2024.

Secara bergantian grup genjek unjuk kebolehan dengan membawakan lagu genjek dengan durasi yang telah ditentukan minimal 7 menit dan maksimal 10 menit.

Kepala SMP Negeri 4 Singaraja Putu Budiastana mengungkapkan, adapun pemilihan seni genjek ini selain melestarikan budaya bali, dalam seni genjek juga bisa dipetik berbagai pelajaran seperti kekompakan, kerja sama, olah mental serta olah vocal.

 “kenapa kami memilih lomba genjek karena komitmen kami dalam pelestarian adat budaya kepada siswa dapat menguatkan karakter mereka sebagai orang bali salah satunya melalui seni tradisi genjek ini” ungkapnya.

Pihaknya juga menambahkan lewat seni genjek ini memberikan ruang dan kesempatan kepada siswa untuk berkreativitas dan adapun kriteria yang dinilai meliputi penampilan ekspresi, kesesuaian tema, kekompakan, gerakan, dan harmonisasi.

“ Dengan karakter yang kuat dan mental yang bagus tentunya akan merangsa mereka untuk mencintai budaya tidak hanya berkutat dengan bidang akademik namun kearifan local juga perlu ditanamkan sebagai bentuk penguatan karakter” pungkasnya

Selain lomba genjek, dihari yang sama juga dilaksanakan lomba jegeg bagus antar kelas  yang emilbatkan sepasang perwakilan dari masing-masing kelas. (305)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *