Persembahkan 3 Emas Yongmoodo Buleleng Pertahankan Juara Umum di Porprov Bali XV  


Jembrana, Berangkat dengan jumlah Atlet lebih sedikit dari Porprov Bali sebelumnya, Kontingen Yongmoodo Buleleng akhirnya sukses mempertahankan gelar Juara Umum I pada Porprov Bali XV yang digelar di GOR Krisna Jvara Jembrana. Keberhasilan tersebut didapat Yongmoodo Buleleng usai 3 medali Emas dan 1 Perak diraih pada pertandingan final yang dilaksanakan Jumat (25/11) pagi.

Pelatih Yongmoodo Buleleng, Ridwan Wilfridus B.D mengatakan raihan juara umum yang berhasil dicapai pada Porprov Bali XV tidak terlepas dari kerja keras serta dukungan semua pihak termasuk pengurus kabupaten (Pengkab). Raihan untuk medali saat ini diakuinya memang sama akan tetapi jika dalam Porprov sebelumnya jumlah atlet yang dikirim ada sekitar 9 orang. Namun sekarang untuk atlet yang berlomba hanya ada 8 orang sehingga tentu ada peningkatan.

“Melihat raihan medali memang sama tapi disini tentu ada peningkatan kemampuan yang dimana Porprov Bali sebelumnya kita mengirimkan 9 atlet tapi untuk Porprov ini ada 8 atlet,” ujarnya.

Meski keluar sebagai juara umum, Ridwan tetap menyayangkan beberapa hal dalam pelaksanaan Porprov Bali XV khususnya untuk Cabor Yongmoodo. Sebab ada hal yang membuatnya bersama tim sedikit kecewa seperti kejelian dari wasit dan juri saat pertandingan berlangsung, sarana dan prasarana tuan rumah juga yang masih belum memadai untuk pelaksanaan Porprov Bali XV.

Sementara itu, salah satu atlet peraih medali Emas bernama Aldin menceritakan dalam beberapa pertandingan dirinya mengaku sempat merasa kesulitan karena lawan yang dihadapi sama-sama sebelumnya berasal dari olahraga taekwondo. Selain itu pria kelahiran Dompu ini sempat merasa takut dan membuatnya harus berebut golden poin pada pertandingan final agar bisa meraih emas. Namun entah bagaimana dalam perebutan golden poin pria 23 tahun yang kini bertugas di Batalyon Infanteri Raider 900/SBW ini akhirnya sukses untuk pertama kalinya meraih emas di Porprov Bali sebagai kontingen Buleleng.

“Sempat sih sebelum pertandingan dan dibeberapa pertandingan merasa deg-degan terus takut itu semua bercampur tapi saya coba atasi semua itu dengan selalu menelpon orang tua untuk mohon doa dan dukungan. Sehingga kepercayaan diri jadi meningkat dan bisa sukses raih emas untuk Buleleng seperti sekarang,” ungkapnya.

Disisi lain, Ketua Pengkab Yongmoodo Buleleng Dewa Sugiharto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pengurus, pelatih dan atlet-atlet yongmoodo Buleleng yang sudah berhasil menjadi juara umum pada Porprov Bali 2022 ini.

“Saya sangat berterimakasih atas dukungan dari semua pihak. Ini hasil dari pelatihan atlet yang disiplin. Sehingga kembali menjadi juara umum di Porprov ini,” sebut Sugiharto.

Kemudian sebagai langkah untuk regenerasi terhadap atlet yongmoodo di Buleleng, Dewa Sugiharto yang juga anggota DPRD Buleleng itu berencana melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga (Disdikpora) agar olahraga Yongmoodo bisa masuk menjadi sebuah ekstra kurikuler di sekolah-sekolah.

“Melalui cara itu saat Posrsenijar nanti kita bisa kirim atlet yongmoodo,” pungkasnya.

Sekedar diketahui atlet-atlet Yongmoodo yang berhasil meraih medali pada Porprov Bali XV yakni ada I Kadek Adi Rama Prasetya meraih emas dinomor +90 Kilogram, Aldin meraih emas dinomor 60 Kilogram, Luh Gede Mei Utami meraih emas dinomor  +65 Kilogram, I Made Hariyana Vidvan Adhi Saputra meraih perak dinomor 90 Kilogram, Kadek Briyan Sky Pinandita meraih perunggu dinomor 85 kilogram, I Komang Dedi Suriantika meraih perunggu dinomor 80 Kilogram, dan Maysinta Dewi meraih perunggu dinomor 65 Kilogram.(tim/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.