Pengurus Portina Buleleng Periode 2022-2026 Dikukuhkan

Buleleng, Pengurus persatuan pelestari olahraga tradisional (Portina) Kabupaten Buleleng masa bakti tahun 2022-2026 akhirnya dikukuhkan

Sebagai upaya pelestarian terhadap permainan serta olahraga tradisional yang ada di Kabupaten Buleleng, bertempat di Gedung Sasana Budaya pada selasa 8 Nopember 2022 dilaksanakan pengukuhan kepengurusan persatuan pelestari olahraga tradisional (Portina) Kabupaten Buleleng masa bakti tahun 2022-2026.

Disela-sela acara ketua Portina Buleleng I Komang Suwirya, S.H., M.Kn mengungkapkan sebagai upaya awal dalam memperkenalkan organisasi kepada masyarakat pihaknya akan menggencarkan sosialisasi melalui berbagai kegiatan seperti lomba-lompa permainan tradisonal serta kegiatan lainnya.“dalam waktu dekat kita mungkin akan adakan berbagai festival olahraga tradisional dengan tujuan memperkenalkan olahraga tradisional yang ada di daerahnya masing-masing.”ungkapnya.

Kedepan, ketua Portina Buleleng I Komang Suwirya optimis jika permainan serta olahraga tradisional yang ada dibuleleng akan tetap lestari dan pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam upaya pelestariannya. “dengan dukungan dari seluruh elemen masyarakat saya sakin olahraga tradisional di Buleleng bisa tetep jaya dan lestari.”imbuhnya.

Sementara itu Sekretaris Jendral Portina Pusat Asdiar Bachtiar berharap Portina Buleleng mampu menjadi motor penggerak dari tingkat terendah untuk mewadahi masyarakat dalam upaya melestarikan olahraga tradisional yang kemudian bisa dikemas menjadi atraksi budaya. “kita harap organisasi ini bisa menjadi pelopor serta motor penggerak dimasyarakat dengan Buleleng yang kaya akan permainan serta olahraga tradisionalnya, dan harapan kami olahraga ini tidak hanya menjadi kesenangan kita saja tetapi semua orang termasuk para turis manca negara.”pungkasnya.

Diakhir acara pelantikan diisi dengan penampilan permainan tradisional Megangsing dari Perkumpulan Sekehe Mengangsing Kayusambuk Desa Gobleg, Buleleng. (tim/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.