Tingkatkan Keamanan, Desa Adat Buleleng Gelar Sosialisasi Sipandu Beradat

Paket Agung, Guna meningkatkan keamanan dan ketertiban dilingkungan Desa, Desa adat Buleleng menggelasi sosialisasi sipandu Beradat.

Dengan menggandeng Polres Buleleng sebagai narasumber, Desa Adat Buleleng menggelar sosialisasi Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipandu beradat) yang diikuti oleh perwakilan anggota Pecalang, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa di wewidangan Desa Adat Buleleng Pada 2 Nopember 2022 bertempat di Wantilan Sekretariat Desa Adat Buleleng.

Kepada reporter radio nuansa giri fm, Kelian Desa Adat Buleleng Ir. Nyoman Sutrisna.MM mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman terkait Sipandu beradat. Dalam kegiatan ini dirinya mengetahui perbedaan antara Pecalang dan Sipandu Beradat. “Pecalang khusus menangani adat dan agama, sedangkan sipandu beradat menangani secara umum, ntah lalulintas, keamanan, ketertiban, dan menyelesaikan masalah dengan musyawarah.”Ujarnya.

Kelian Sutrisna menambahkan, dengan sosialisasi ini juga dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban lingkungan di wewidangan Desa Adat Buleleng.”Tentu saja dari segi hokum bisa di payungi dan dari segi desa adat dapat mencoba mengamankan dan menertibkan lingkungan di wewidangannya masing-masing.”Katanya.

Sementara itu, KBO SatBinmas Polres Buleleng Ni Luh Putu Arwati mengungkapkan, materi yang disampaikan adalah peranan Sipandu Beradat yang dapat menyelesaikan masalah dengan musyawarah di tingkat Desa Adat. “Sipandu beradat memiliki peranan pencegahan, semua memiliki peranan untuk mencegah timbulnya suatu permasalahan secara dini melalui musyawarah.”Ungkapnya.(dnu/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.