TMMD ke 115, TNI Mengabdi Untuk Rakyat

Giri Emas, TNI Manunggal Membangun Desa disingkat TMMD ke-115 yang menyasar Desa Giri Emas kecamatan Sawan resmi bergulir.

Sebagai salah satu wujud operasi bakti TNI untuk program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur, Selasa 11 Oktober 2022 TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun 2022 secara resmi dibuka oleh Penjabat Bupati Buleleng Ir.Ketut Lihadnyana. MMA. Bertempat di desa Giri Emas Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng.

Dalam TMMD ke-115, Kodim 1609/Buleleng melakukan pengembangan infrastruktur desa seperti kontruksi buka jalan sepanjang 1.940 meter, rabat beton jalan, pembuatan gorong-gorong, pembangunan tembok penahan atau senderan yang dibangun 6 titik, dan memberikan bantuan 4 unti bedah rumah masyarakat kurang mampu.

Selain kegiatan fisik, TNI juga memberikan berbagai penyuluhan kepada masyarakat seperi Penyuluhan Bela Negara, Wawasan kebangsaan, Pertanian, Stunting, Pencegahan Covid-19 dan Prokes, serta Penyuluhan Hukum Kamtibmas.

Kepada reporter radio nuansa giri fm, Danrem 163/Wirasatya Brigadir Jenderal TNI Choirul Anam, S.E, M.M mengungkapkan, kegiatan ini merupakan sinergitas dengan pemerintah dan masyarakat, TNI hadir untuk mengatasi kesulitan yang dialami oleh masyarakat. Penekanan untuk prajurit yang bertugas, untuk selalu memberikan pelayanan yang optimal kepada rakyat.”Nilai-nilai yang sangat fundamental yang kita cari, yaitu sinergitas bersama rakyat. TNI Hadir untuk rakyat. Untuk prajurit saya tentu penekanannya adalah pelayanan untu rakyat.” Ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana. MMA. mengucapkan terima kasih kepada TNI karena telah memberikan wujud nyata kemanunggalan dengan rakyat, salah satunya dengan membuat akses  untuk transportasi, sehingga masyarakat tidak lagi terisolir. Tidak hanya itu, kegiatan TMMD ini juga dapat memperlancar distribusi hasil pertanian yang secara tidak langsung meningkatkan kesejahteraan para petani. “Kemanunggalan TNI, gotong royong, dan kebersamaan itu tidak bisa kita hitung. Karena TNI ini milik kita, milik rakyat,” tutupnya.

Upacara pembukaan TMMD ke-155 ditutup dengan pembagian sembako kepada masyarakat kurang mampu di desa Giri Emas.(dnu/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.