Perkuat kemandirian Pangan, BMI Buleleng Sosialisasikan Sorgum Sasar Desa Gerokgak

Gerokgak, Demi tercapainya kemandirian pangan yang berkelanjutan DPC BMI Kabupaten Buleleng Gencar Sosialisasikan Sorgum.

Bertempat di Aula Kantor Desa Gerokgak Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Pada Sabtu, (08/10/2022) berlangsung kegiatan sosialisasi pengembangan budidaya sorgum dan pangan lokal yang diprakarsai oleh DPC BMI Kabupaten Buleleng.

Kepada Reporter Radio Nuansa Giri Fm,  Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD kabupaten Buleleng Ketut Ngurah Arya mengungkapkan, sangat mengapresiasi terobosan dari DPC BMI Buleleng karena sudah bisa berbagi ilmu dan konsep pertanian yang baru. “ karena di daerah kami di Gerokgak, tanaman sorgum ini sangat cocok untuk di budidayakan, oleh karena itu saya berharap dengan adanya sosialisasi ini akan bisa menggairahkan para petani kita, ” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Ir. Gusti Ayu Maya Kurnia, M.Si, berkat adanya sosialisasi yang dilaksanakan BMI Buleleng ini, dirinya optimis pengembangan sorgum kedepan akan menjadi alternatif pangan di Buleleng. “ memang tidak semua potensi lahan kita tanami sorgum, tetapi tidak ada salahnya kalau kita berupaya bersama-sama mengembangkan sorgum ini untuk kedepan sebagai salah satu alternatif pangan di Buleleng khususnya, ” katanya.

Sementara itu, Ketua DPC BMI Kabupaten Buleleng, Dr. dr. Ketut Putra Sedana, Sp.OG yang akrab disapa Dokter Caput ini menjelaskan, pihaknya ingin mengenalkan kepada masyarakat tentang tanaman sorgum ini yang ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, disamping juga manfaat untuk pangan justru sorgum juga bermanfaat bagi Kesehatan. “ karena memang biji sorgum ini memiliki kandungan antioksidan, mineral, kalsium, phosphor, dan vitaminnya. semua ini penting sekali untuk Kesehatan. inilah yang kita sosialisasikan juga sehingga para petani dan masyarakat secara umum akan bisa menjadikan sorgum ini sebagai pangan alternatif, ” jelasnya. (dnu,uka).

Leave a Reply

Your email address will not be published.