Jalak Bali Menjadi  Maskot  Porprov Bali  XV Tahun 2022

Denpasar, Burung Jalak bali atau yang lebih popular dengan sebutan Curik menjadi mascot Porprop Bali XV tahun 2022.

Peluncuran maskot dan logo Prorpop Bali dilaksanakan bertepatan dengan Tumpek Wayan, dan Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (01/10/2022) di secretariat KONI Bali Kawasan GOR Lila Bhuwana Denpasar. Peluncuran Logo dan Maskot ditandai dengan penekanan tombol oleh Gubernur Bali Wayan Koster didampingi para bupati/walikota se Bali disaksikan para ketua Ketua KONI se-Bali, ketua-ketua Pengprop cabang olahraga dan perwakilan atlet dari 9 kabupaten/kota se Bali.

Ketua Umum KONI Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan menjelaskan pemilihan burung jalak bali mengingat burung ini merupakan salah satu ikon pulau Bali. Burung ini juga membutuhkan perhatian mengingat populasinya semakin langka. Hal ini sejalan dengan olahraga di Bali yang membutuhkan perhatian semua pihak.

Dalam sambutannya tokoh Puri Sukasada ini  mengatakan sesuai dengan tahapan yang ada, Porprov yang diselenggarakan tahun 2022 adalah Porprov gotong royong. Ajang ini diselenggarakan di semua Kabupaten/Kota di Bali dan dikoordinasikan semuanya oleh KONI Provinsi Bali mempertandingkan 41 cabang olahraga dengan 50 kecabangan diikiti sekitar empat ribu tigaratus atlet.

Ditambahkan   Api Porprop akan diambil di Pura Agung Besakih, sleanjutnya dari karang Asem akan dikirab menuju kabupaten Klungkung, Gianyar lanjut ke Bangli dan diteruskan ke Kabupaten Buleleng untuk disemayamkan semalam. Keesokan harinya Api Porprop akan dikirab menuju Jembrana, Tabanan, badung dan disemayamkan di Jaya Sabha Denpasar. Pembukaan Poprop akan dilaksanakan pada tanggal 20 Nopember 2022 di Monumen Bajra Sandhi Denpasar. (tim/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.