Petani Subak Kepel Terima Bantuan Alsintan 


Buleleng, 
Puluhan petani Subak Kepel terima bantuan alat dan mesin pertanian (ALSINTAN) dari Dewan Perwakilan Rakyat.

Sebanyak 30 petani yang tergabung dalam Subak Kepel Desa Poh Bergong Kecamatan Buleleng menerima bantuan alat dan mesin pertanian (ALSINTAN) traktor guna membantu meningkatkan kualitas pertanian. 

Bantuan traktor tersebut berasal melalui program aspirasi dari DPR-RI Drs I Made Urip M.Si dan difasilitasi oleh anggota DPRD Buleleng dari Komisi I Dewa Gede Sugiharto. Penyerahan traktor dilakukan di Pura Subak Kepel Desa Poh Bergong pada 18 September 2022.

Ditemui usai penyerahan, Kelian Subak Kepel Komang Sudida mengaku bersyukur karena telah mendapatkan bantuan traktor sehingga dapat mempermudah pekerjaan dalam bertani. dirinya berharap petani Buleleng terus mendapatkan perhatian oleh pemerintah. “Saya sangat bersyukur sekali karena krama subak tiang tidak kekurangan lagi, seperti dulu air sudah ada di persawahan namun mesin traktor tidak ada sehingga sawah kami kurang produktif. Saya harap pemerintah tetap memperhatikan keadaan petani.” Ungkapnya.

Hal senada juga di sampaikan Perbekel Poh Bergong I Wayan Wagia, S.Sos. mengucapkan terikasih atasa bantuan yang di berikan, dirinya mengaku ini adalah bantuan pertama yang telah di terima di desanya. “Seingat saya di pemeritahan saya, belum ada bantuan seperti ini. Saya berterimakasih sekali karena atas bantuan ini petani saya dapat meningkatkan kualitas pertanian di desa Poh Bergong.” Ujarnya. 

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Buleleng Dewa Gede Sugiharto mengatakan, republik Indonesia adalah negara agraris, namun pertaniannya kurang maksimal. Dengan bantuan alsintan ini dirinya berharap petani-petani di Buleleng dapat memaksimalkan hasil pertaniannya. Dirinya menegaskan kehadiran petani sangat penting untuk negeri ini. “Banyak ususlan-usulan dari petani kita terkait alsintan, saya harap mereka dapat memaksimalkan hasil pertaniannya dengan batuan alsintan yang diterima. Untuk para pemuda Buleleng, kita mengajak para pemuda kita untuk bertani. Karena pada hakekatnya petani adalah pahlawan tanpa jasa, tapi bagaimana kondisi kita jika tidak ada petani di republik ini, coba di bayangkan.”, Tegasnya. 

Turut hadir dalam penyerahan bantuan alsintan, Anggota DPRD Provinsi Bali Gede Kusuma Putra dan Kabid Sarpras Pertanian Distan Buleleng Made Siladharma.(dnu/dpa)


Leave a Reply

Your email address will not be published.