Museum Masuk Sekolah, Upaya Kenalkan Museum Sejak Usia Dini 


Buleleng
, Sebagai upaya mengenalkan Museum sejak usia dini, Unit Pelaksana Teknis Daerah ( UPTD ) Gedong Kirtya melaksanakan program Museum Masuk Sekolah

Bertempat di SD Negeri 1 Astina pada Selasa, (30/08)  berlangsung kegiatan Museum Masuk Sekolah yang digagas Unit Pelaksana Teknis Daerah ( UPTD ) Gedong Kirtya. Kegiatan ini bertujuan untuk memajukan dan pengenalan museum yang ada di Buleleng kepada anak-anak sekolah dasar.

Ditemui disela-sela kegiatan, Kepala UPTD Gedong Kirtya Dewa Ayu Putu Susilawati menjelaskan, kegiatan Museum Masuk Sekolah ini merupakan kegiatan mensosialisasikan apa yang ada di museum khususnya museum lontar Gedong Kirtya serta pembelajaran praktis pengenalan aksara bali. Dan kegiatan ini akan dilakukan di 9 kecamatan di kabupaten Buleleng dengan di setiap kecamatan dilibatkan 2 sekolah. “Jadi kegiatan ini untuk mensosialisasikan apa yang ada dimuseum khususnya lontar yang afa di gedong kirtya,”ujarnya. 

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Astina Luh Ratnadi mengungkapkan, pihaknya sangat berbangga karena sekolah yang ia pimpin dipilih sebagai salah satu sekolah yang dipilih oleh Gedong Kirtya sebagai tempat mensosialisasikan program museum masuk sekolah. Dan kedepan pihaknya akan mengajak anak-anak didiknya berkunjung ke Museum Gedong Kirtya. “Kami sanggat bangga, karena sekolah ini bisa menjadi salah satu tempat sosialisasi museum,”ungkapnya.

Salah Seorang Siswa SD 1 Astina Gatan Mengatakan, dirinya belum pernah berkunjung ke museum yang ada di Buleleng dan dengan adanya program museum masuk sekolah ini dirinya menjadi tahu tentang museum di Buleleng. “Saya belum pernah berkunjung ke museum yang ada di buleleng, jadi dengan kegiatan ini saya menjadi tahu,”terangnya. (uka/dpa)


Leave a Reply

Your email address will not be published.