Tingkatkan Pemahaman OSS-RBA, DPMPTSP Buleleng Gelar Bimtek

Pejarakan, Untuk meningkatkan Pemahaman terkait Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS-RBA) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Buleleng menggelar Bimbingan Teknis atau Sosialisasi.

Implementasi Perizinan dan Pengawasan Perusahaan Berbasis Resiko telah diimplementasikan di Indonesia sebagai standar perizinan. Untuk itu, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Buleleng menyelenggarakan bimbingan teknis dan sosialisasi melibatkan puluhan orang dari pihak perusahaan swasta di Kabupaten Buleleng. Kegiatan berlangsung pada Senin 13 Juni 2022 di Adi Assri Beach Resort & Spa, Pemuteran yang dibuka langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Dan pada Selasa 14 Juni 2022 bertempat di Desa Pejarakan.

Dalam sambutannya, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menyampaikan, Bimtek ini dilakukan demi memberi pemahaman terkait sistem Online Single Submission (OSS) dalam mengurus perizinan di Buleleng. Sistem OSS adalah sistem perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu BulelengI Made Kuta mengungkapkan, kegiatan bimtek yang dilaksnakan di desa pemuteran diikuti oleh 75 pengusaha dan untuk di Desa Pejarakan diikuti sebanyak 50 peserta. ” Jadi kegiatan bimtek ini diikuti oleh 75 pengusaha yang ada di desa Pejarakan, dan pesertanya sebanyak 50 jadi antusiasnya sangat luar biasa,”ujarnya.

Lanjut kadis Kuta, pihaknya sudah menyiapkan tenaga pendamping tenaga OSS, dan apabila masyarakat belum mengerti bisa datang langsung ke dinas PMPTSP. “Kami sudah menyiapkan tenaga pendamping OSS, jadi apabila ada masyarakat yang kurang paham bisa langsung menanyakan kepada kami,”imbuhnya.(uka/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.