Bank Sampah Kaliber Rancang Pakaian Dari Sampah Plastik

Kalibukbuk, Bank Sampah Kalibukbuk Bersih (Kaliber) saat ini mulai berinovasi untuk merambah dunia tata busana dengan merancang baju dan gaun yang terbuat dari sampah plastik.

Tak puas dengan inovasi les belajar dan menari tukar sampah, Bank Sampah Kaliber yang bermarkas di Banjar Dinas Banyualit, Desa kalibukbuk, Buleleng kembali menelorkan ide kreatifnya yang saan ini merambah dunia fashion atau tata busana dengan merancang pakaian yang terbuat dari sampah plastik.

Direktur Bank Sampah Kaliber Ketut Budiasa dikonfirmasi, 4 Januari 2022 mengungkapkan, langkah ini dilakukan untuk menarik minat genarasi muda dalam mengolah sampah, karena jika terus diisi dengan edukasi anak-anak akan merasa jenuh. “Bukan hanya saja kita mencari keuntungan semata tapi kami memberikan edukasi kepada masyrakat disekitar, dengan ini kami mengajak anak anak latihan nari dengan menukar sampah,”ujarnya.

Lebih lanjut Budiasa menambahkan, pihaknya juga diberikan kesempatan oleh Dinas Lingkungan Hidup Buleleng untuk mengisi acara rutin yang diagendakan seminggu sekali di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bungkarno dengan menampilkan kreatifitas anak-anak hasil Binaan Bank Sampah Kaliber melalui les tukar sampah. “Kami diberikan kesempatan bahwa kami mengisi acara pada malam minggu di gedung RTH Bungkarno, ini fashion show menggunakan baju dari daur ulang sampah,”ungkapnya.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.