Dispar Berdayakan Tenaga TIS untuk Promosi Pariwisata

Buleleng, Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng memberdayakan SDM di bidang Tourist Information Service (TIS) dalam promosi pariwisata.

Kondisi pariwisata Bali yang sepi dari wisatawan mancanegara bahkan domestik membuat sebagian besar SDM di bidang pariwisata kehilangan mata pencaharian. Namun sejalan dengan program promosi pariwisata untuk tahun 2022 mendatang, Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng memberdayakan SDM di bidang pariwisata khususnya Tourist Information Service (TIS) sebagai agen promosi. Hal itu terungkap saat Bidang Pemasaran Dispar Buleleng menggelar rapat evaluasi akhir tahun bersama tenaga TIS dan tim media dispar di Kantor Dispar Buleleng Selasa (21/12).

Kabid Pemasaran Dispar Buleleng Agus Widya Suputra mengatakan pemberdayaan tenaga TIS menjadi agen promosi pariwisata diikat kontrak dengan penambahan tugas sebagai tenaga promosi. “Jadi nanti kita akan evaluasi kinerjanya agar bagaimana garda kedepan untuk mempromosikan Buleleng, karena tugasn mereka selama ini hanya membantu torist tapi tidak membantu promosi,”ujarnya.

Lanjut Kabid Agus Widya, tenaga TIS ini nantinya diberikan tugas mengambil foto/video di destinasi wisata masing-masing, kemudian mengirimkan foto/video tersebut ke tim media dispar untuk dibuatkan video promosi yang menarik. “Ada 18, dan kita ambil beberapa titik yang ada di Buleleng, nanti dimana ditempatkan mereka untuk mempromosikan destinasi yang ada”ungkapnya.

Meski belum bisa dianalisis karena kunjungan dari wisatawan sangat fluktuatif, namun Bidang Pemasaran Dispar Buleleng menargetkan wisatawan domestik pada tahun 2022.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.