Tuntun Siswa Berpikir Tingkat Tinggi, Guru Spenfour Kuatkan Pendekatan STEM

Sambangan, Pola pendekatan STEM harus dimiliki oleh para guru sehingga dapat meningkatkan pola berpikir siswa.

SMP Negeri 4 Singaraja menggelar workshop dengan tema Pendekatan Stem dan Perancangan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Komputasional Thinking untuk Mewujudkan Professional Learning Community Guru SMP Negeri 4 Singaraja. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru secara daring dan luring ini dilaksanakan Jumat 10-15 Desember 2021.

Kepala SMP Negeri 4 Singaraja Putu Budiastana mengatakan diantara banyaknya aspek pendidikan, penjaminan mutu pendidikan terletak pada layanan pembelajaran berkualitas. Secara komprehensif kualitas pendidikan di SMP Negeri 4 Singaraja terletak pada pola ajar yang dilakukan para guru. “Ini lebih menekankan bagaimana guru menilai sebuah proses pembelajaran, bukan hanya melakukan evaluasi,”ungkapnya.

Kasek Budiastana menjelaskan dalam workshop, Guru juga dilatih merancang sebuah perangkat pembelajaran yang mengedepankan STEM agar siswa bisa berpikir secara komputasional dan terstruktur. “Projek yang diselesaikan anak-anak bisa dinilai dari sudut pandang yang berbeda, dari sana akan terbentuk siswa yang bisa berpikir tingkat tinggi dan akhirnya mampu menyelesaikan persoalan dengan problem solving,”imbuhnya.

Workshop yang dibuka Kasi GTK SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng Wayan Widiada menghadirkan narasumber Pengawas Manajerial SMP Negeri 4 Singaraja Drs. Gusti Agung Oka Yadnya, M.Pd dan Guru Besar Undiksha Prof. Dr. Ni Nyoman Parwati, M.Pd. (ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published.