Mulai Pangkas Pohon Perindang, DLH Libatkan Lintas OPD

Buleleng, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng mulai melakukan pemangkasan pohon perindang yang ada di seputaran Jalan Seririt-Singaraja dengan bersinergi bersama sejumlah OPD terkait.

Pemangkasan pohon perindang di Jalan Nasional mulai dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Buleleng dalam upaya mengantisipasi musim penghujan yang sebentar lagi akan tiba, pohon yang rentan tumbang akibat guyuran hujan dan juga angin akan berpotensi membahayakan para pengguna jalan.

Pantaun Reporter Radio Nuansa Giri dilapangan, pemangkasan pohon mulai dilakukan dari wilayah Dusun Bingin Banjah, Desa Temukus, Kecamatan Banjar, (21/10) dengan melibatkan beberapa instansi terkait seperti BPBD, Dinas Perhubungan, Pemerintah Kecamatan Banjar dan PLN.

Kelapa Dinas Lingkungan Hidup Buleleng Gede Melandrat mengungkapkan, meskipun secara kewenangan, keberanaan pohon ini meruppakan tanggung jawab Badan Jalan Nasional, namun secara kewilayahan merupakan tanggung jawab dari Pemerintah kabupaten Buleleng sehingga diperlukan sinergitas untuk mengatasi hal tersebut. “Kewenangan jalan nasional tapi jangan lupa bahwa secara wilayah itu ada di wilayah kabupaten Buleleng, tentunya kalau ada musibah nanti yang kena adalah masyarakat Buleleng juga ini tidak menjadi masalah di dalam regulasi yang ada ini hanya sebuah kebijakan bagaimana memberikan rasa aman kepada masyarakat,”ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng Putu Ariadi Pribadi mengungkapkan, pihaknya melalui tim reaksi cepat (TRC) mendukung penuh dari upaya pencegahan yang dilakukan oleh DLH Buleleng sehingga kedepan keberadaan pohon perindang ini tidak menimbulkan musibah terlebih di saan musim penghujan. “Tim penanganan bencana terpadu sudah melaksanakan rapat dan hasilnya adalah melaksanakan pencegahan dengan melaksanakan pemangkasan pohon dia areal jalan nasional kita bersinergi melakukan kegiatan ini dengan DLH, Dishub, PWD,Camat,maupun pemdes setempat,”ungkapnya..

Sementara itu dukungan serupa juga datang dari Dinas Perhubungan Buleleng yang pada kesempatan ini menerjunkan satu tim untuk mengatur lalu lintas jalan saat pemangkasan mengingat area wilayah tersebut padat lalu lintas seperti yang diungkapkan Kabid Lalu Lintas Dishub Buleleng, Cok Aditya Wira Putra. “Jadi disbub melakukan giat sinergi  terkait dengan pemangkasan pohon, kita menurunkan satu regu yang bertugas untuk mendukung ketertiban lalu lintas agar pemangkasan pohon berjalan dengan lancar,”pungkasnya.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.