Deklarasi HALINAR, Lapas Singaraja Pasang Wartel dan Perangkat Video Call

Paket Agung, Deklarasikan zero handphone, pungutan liar, dan narkoba, Lapas Kelas IIB Singaraja pasang wartel dan perangkat video call yang bisa digunakan warga binaan.

Serangkaian dengan program strategis untuk mendeteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, Rabu (29/09) Lapas Kelas IIB Singaraja akhirnya mendeklarasikan Zero HALINAR yaitu Zero penggunaan handphone illegal, zero pungutan liar, dan zero peredaran narkotika di dalam Lapas. Deklarasi ini diawali dengan simulasi pencegahan kebakaran dan aliran listrik dimana jika sampai terjadi konsleting artinya banyak penggunaan alat komunikasi illegal didalam lapas.

Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja Mut Zaini usai penandatanganan deklarasi mengatakan warga binaan dan juga petugas lapas bersama-sama menandatangi deklarasi untuk menunjukkan komitmen terhadap zero HALINAR. Opsinya, Lapas Kelas IIB Singaraja menyediakan warung telepon (wartel) bagi warga binaan. “Opsi yang kita berikan adalah wartel di lapas, dan ada 3 perangkat untuk vidcall gratis dan mereka harus mendatangani komitmen bersama yang intinya mendukung zero pungli, zero narkotika, zero hp,”ujarnya.

Kalapas Mut Zaini mengatakan berbagai sanksi bagi petugas dan warga binaan juga telah dipaparkan sebelum giat penandatanganan deklarasi. “Jelas sanksinya warga binaan adalah sel tikus dan kalau sudah lebih dari itu kita masukan register pelanggaran,”pungkasnya.

Deklarasi Zero HALINAR juga dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Lapas Singaraja dengan Yayasan Dua Hati Bali terkait pemberian Asimilasi di dalam bagi Warga Binaan Perkara Narkotika PP 99 serta tes urine kepada petugas dan Warga Binaan oleh BNNK Buleleng.

Hadir langsung Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Buleleng AKBP. I Gede Astawa, Kapolsek Kota Singaraja Kompol. Dewa Ketut Darma Aryawan, Danramil 1609-01 Buleleng Kapten Inf. Wayan Nada, Lurah Paket Agung Ketut Nuragia, Babinsa dan Babinkamtibnas Kelurahan Paket Agung, serta Ketua Yayasan Dua Hati Bali Yusuf Pribadi diikuti seluruh petugas dan Warga Binaan Lapas Kelas IIB Singaraja.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.