Wisuda ke-65 Undiksha, Luluskan 1.359 Wisudawan

Banjar Jawa, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dalam periode Agustus menyelenggarakan Wisuda ke-65. Mengingat dalam masa pandemi, acara wisuda dilakukan secara daring. Namun demikian wisudawan yang mengikuti periode ini mencapai 1.359 orang dari program pascasarjana, strata 1, maupun diploma tiga. Proses penyuntingan wisudawan dilakukan oleh orang tua/wali ditempatnya masing-masing.

Salah seorang perwakilan wisudawan I Putu Oka Kusuma Yasa dalam penyampaian sepatah duapatah kata mengatakan perjalanan mengenyam pendidikan di Undiksha bagaikan sebuah kapal yang berlayar dari sebuah pulau menuju sebuah benua. Dan pada saat ini, semua telah menginjakkan kaki pada benua yang dituju. Tentu dalam mencapai benua merupakan perjuangan yang tidak mudah. “Selama menjalani masa perkuliahan tentu kita tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan tetapi kita belajar membentuk karakter diri sehingga bisa mampu untuk menempatkan diri ditengah masyarakat secara benar,”ujarnya.

Sementara itu, Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd mengatakan untuk menjaga keselamatan bersama, maka pelaksanaan wisuda kali ini dilakukan secara penuh dengan metode daring. Disadari bahwa upacara wisuda merupakan acara terakhir bagi mahasiswa dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Pelaksanaan wisuda secara full daring diharapkan tidak mengurang makna dari upacara tersebut. Di terangkan Rektor Jampel, usai wisuda, merupakan saat dimana mahasiswa masuk dalam dunia kerja. “Undiksha memang selalu mengharapkan semua mahasiswa kompeten dan memiliki daya saing, dan juga memiliki karakter yang baik karena sesungguhnya nanti kita memprediksi kita berhasil atau tidak adalah menciptakan lapangan pekerjaan,”pungkasnya.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.